travel surabaya malang

5 Rekomendasi Museum di Malang Yang Wajib anda Kunjungi

Please rate this

Travel Surabaya Malang

Travel Surabaya Malang

Travel Surabaya Malang – Kawasan Malang Raya dikenal sebagai daerah yang memiliki hawa yang sangat sejuk. Kawasan yang terdiri atas kabupaten Malang, Kota Malang dan Kota Batu ini dikelilingi oleh kompleks pegunungan sehingga wajar kalau hawa di sana relatif sejuk. Di Malang Raya kita akan dengan mudah menemukan berbagai tempat wisata alam mulai dari gunung, air terjun bahkan pantai. Bukan hanya wisata alam nya saja tetapi ada juga wisata buatan, wisata modern, wisata sejarah, wisata edukasi hingga wisata kulinernya, di kota malang ini sangat lengkap untuk tempat wisatanya jadi tidak heran bila kota malang mendapatkan julukan sebagai surganya tempat wisata.

Nah kali ini NayFa akan membahas tentang Wisata Sejarah seperti Candi, bangunan-bangunan kuno, peninggalan sejarah, dll. dan tak ketinggalan, Malang juga memiliki beberapa museum yang bisa dikunjungi para penggemar wisata sejarah. Objek wisatawa yang ada di Malang memang sangat komplit sehingga wajar kalau daerah ini merupaka salah satu tujuan wisata favorite di Provinsi Jawa Timur, Salah satu museum paling terkenal yang ada di Malang adalah Museum Brawijaya. Museum ini merupakan museum sejarah yang berkaitan dengan perjuangan para pahlawan mengusir penjajahan pada jaman pra-kemerdekaan. Selain Museum Brawijaya, masih ada beberapa museum lain yang bisa dikunjungi di Malang. Yuk simak selengkapnya apa saja 5 Rekomendasi Museum di Malang Yang Wajib anda Kunjungi.

1. Museum Brawijaya

museum brawijaya

Museum Brawijaya merupakan museum bertemakan militer yang menyimpan informasi di era perjuangan Indonesia. Museum Brawijaya berperan sebagai rekreasi, pendidikan, penelitian ilmia, pembinaan wilayah, pembinaan mental juang, pewarisan nilai-nilai perjuangan 1945 untuk TNI dan Patriotisme untuk umum. Untuk menuju Museum Brawijaya tidaklah sulit. Letaknya di Kota Malang Provinsi Jawa Timur. Tepatnya di Jl. Ijen No. 25 A, Gading Kasri, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Provinsi Jawa Timur.  Ada 5 area utama yang digunakan untuk tempat menyimpan benda-benda bersejarah tersebut, yaitu :

  1. Pertama, taman senjata (Agne Yastra Loka) yang berada di area depan museum. Di dalam taman senjata terdapat koleksi benda-benda sejarah antara lain tank, sejata api hasil rampasan dari penjajah, meriam, dan ada juga patung jendral Sudirman yang dibuat dengan tujuan untuk mengenang jasa-jasa Panglima Jendral Sudirman
  2. Kedua adalah Ruang Lobi, di ruangan ini terdapat 3 koleksi sejarah yang bisa dilihat pengunjung, yaitu relief penugasan pasukan Brawijaya., relief kekuasaan kerjaan Majapahit dan lambang-lambang kesatuan negara Indonesia.
  3. Ketiga adalah Ruang 1, yang berisi koleksi benda bersejarah antara tahun 1945-1949, antara lain mobil De Soto, foto-foto pahlawan, berbagai macam senjata api dan yang paling menarik adalah terdapat meja yang digunakan oleh Presiden Soekarno, Bung Hatta dan Kol Soengkono untuk berunding yang dikenal dengan “Perundingan Meja Bundar”
  4. Keempat adalah Ruang 2, yang berisi benda-bendar sejarah sejak tahun 1950 hingga sekarang. Di sana terdapat benda-benda seperti komputer yang digunakan pada jaman dulu, foto-foto pemberontakan bangsa Indonesia terhadap penjajah dan ada juga foto-foto kota Malang tempo dulu.
  5. Kelima adalah halaman tengah, ruangan ini berupa halaman terbuka yang di sana terdapat dua benda bersejarah yaitu Gerbong Maut dan perahu Sigigi.

Nama Museum Brawijaya ditetapkan berdasarkan keputusan Pangdam VIII/Brawijaya tanggal 16 April 1968 dengan sesanti (wejangan) ‘Citra Uthapana Cakra’ yang berarti sinar (citra) yang membangkitkan (uthapana) semangat/kekuatan (cakra). Sedangkan museum diresmikan pada tanggal 4 Mei 1968.

2. Museum Angkut

museum angkut

Museum Angkut Malang merupakan wisata edukasi dan wisata sejarah di Malang dan sekitarnya. Museum Angkut memadukan konsep atraksi hiburan serta sejarah dari alat transportasi yang ada di seluruh dunia. Museum kreatif Malang ini menyandang predikat sebagai satu-satu nya tempat wisata dan pertama memegang konsep wisata angkutan di Indonesia. Disana pengunjung bisa belajar sekaligus rekreasi sembari mempelajari berbagai model jenis Angkutan di Indonesia hingga seluruh dunia. Museum Angkut Batu di bagi menjadi beberapa zona.  Tiap Zona menyesuaikan tema kendaraan, sehingga tiap zona akan memberikan sensasi berbeda-beda, Berikut ialah zona di museum angkut :

  1. Zona Hall Utama
  2. Zona Edukasi
  3. Zona Sunda
  4. Zona Gangster Town & Broadway Street
  5. Zona Eropa
  6. Zona Istana Buckingham
  7. Zona Las Vegas
  8. Zona D’Topeng Kingdom
  9. Zona Pasar Apung
  10. Zona Hollywood
  11. Zona Fligh Training
  12. Pasar Apung

Objek wisata Malang ini sangat menarik dikunjungi, pengunjung tak hanya melihat-lihat koleksi kendaraan berbagai belahan dunia dari jaman kuno hingga modern. Pengunjung dibuat takjub oleh berbagai bangunan landmark khas dari suatu negara sebagai background kendaraan yang memproduksi kendaraan, sehingga berasa keliling dunia. tentunya di setiap musim liburan museum angkut ini akan sangat banyak yang mengunjungi.

3. Museum Kesehatan Jiwa

museum kesehatan jiwa

Museum Kesehatan Jiwa Dr Radjiman Wediodiningrat menyajikan sederetan benda-benda dan dokumen kuno yang berkaitan dengan perjalanan sejarah Rumah Sakit Jiwa tersebut. Penting untuk diketahui, museum yang masih berada satu area dengan Rumah Sakit Jiwa Dr. Radjiman Wediodiningrat ini, merupakan satu-satunya museum kesehatan jiwa di Indonesia. Rumah Sakit Jiwa Dr. Radjiman Wediodiningrat ini sendiri merupakan salah satu rumah sakit jiwa tertua di Indonesia, mengingat usianya yang kini telah menginjak angka 107. Berdirinya museum ini diharapkan menjadi wahana pembelajaran sekaligus saksi sejarah perkembangan teknologi kedokteran di bidang kesehatan jiwa.

Menengok pada deretan koleksi tak biasanya, kamu bisa mengetahui sejarah Rumah Sakit Jiwa Dr. Radjiman Wediodiningrat melalui sederetan dokumen dan benda-benda tua yang terpajang rapi di dalamnya. Mengingat kondisi ruangan yang tak begitu luas, hanya terdapat sekitar 700 koleksi yang bisa terpajang di museum ini, Beberapa benda di antara deretan koleksi museum ini bahkan terkesan sadis untuk digunakan pada manusia. Nah, buat kamu yang ingin melihat koleksi museum lebih dekat, kamu bisa langsung menuju Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Dr.Radjiman Wediodiningrat atau yang lebih dikenal dengan RSJ Sumber Porong.

Info Travel : Travel Malang JuandaTravel Juanda MalangTravel Malang SurabayaTravel Surabaya Malang.

4. Museum Musik Indonesia

museum musik indonesia

Museum Musik Indonesia (MMI) Berada di lantai 2 Gedung Kesenian Gajayana, Jalan Nusakambangan No. 19, MMI menyimpan 26 ribu koleksi karya musik. Saat memasuki ruangan, anda akan langsung dihadapkan dengan etalase koleksi piringan hitam di samping pintu. Masuk lebih ke dalam lagi, terlihat lebih banyak lagi koleksi yang terpajang rapi di sejumlah rak dan lemari kaca. Mulai dari kaset pita, piringan hitam, majalah musik, hingga poster penyanyi-penyanyi Indonesia.

Tidak hanya itu, di beberapa sudut juga terdapat etalase khusus yang menyimpan alat musik maupun benda-benda asli milik artis ternama di Indonesia. Contohnya, yang berada di dekat rak kaset. Di sana terdapat baju serta koleksi kaset milik penyanyi Guruh Soekarno Putra. Bahkan, museum ini juga menyimpan baju panggung milik penyanyi Dara Puspita. Usia baju tersebut sekitar setengah abad.

Museum ini merupakan satu-satunya museum musik di tanah air. Meski baru diresmikan oleh Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) RI pada 19 November 2016, sejarah MMI sebenarnya sudah dimulai sejak lama. Hengki Herwanto adalah sosok utama di balik berdirinya MMI. Pria yang kini juga menjadi Ketua Museum Musik Indonesia itu telah mengawali perjalanan menjadikan museum ini sejak tahun 2007.

5. Museum Mpu Purwa

museum mpu purwa

Museum Mpu Purwa terletak di Jalan Soekarno Hatta no. 210, Kecamatan Lowokwaru, Malang. Lokasi museum ini masih berada di lingkungan perumahan, tepatnya di sebelah barat Rumah Sakit Brawijaya. Pada tahun 2000 Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Pendidikan berinisiatif untuk mengumpulkan benda purbakala di Malang dan sekitarnya dalam suatu tempat yang khusus. Mulanya semua artefak tersebut akan disimpan di Perpustakaan Umum.

Peninggalan benda bersejarah di museum ini banyak sekali, mulai dari masa pra sejarah sampai dengan zaman Hindu Budha. Seperti yang kita tahu, Jawa Timur turut menjadi saksi atas kejayaan kerajaan masa lampau, seperti Kanjuruhan, Mataram Kuno, Singasari dan Majapahit. Tak mengherankan jika di tempat ini banyak sekali peninggalan seperti prasasti dan arca, yang konon berasal dari Abad ke 8. Sayangnya beberapa artefak telah rusak, diduga akibat ulah vandalisme pihak tak bertanggung jawab, sebelum akhirnya diselamatkan.

Museum Mpu Purwa saat ini telah tampil dengan nuansa yang lebih modern. Selain arsitektur ruangan yang dibuat lebih berwarna, museum ini juga sudah dilengkapi dengan scan barcode. Artinya pengunjung bisa mengakses informasi tiap benda purbakala dengan lebih detail. Asyiknya lagi, masuk ke dalam museum ini juga masih gratis loh. Pengunjung hanya diwajibkan untuk mengisi buku tamu. Museum Mpu Purwa buka tiap hari, antara pukul setengah delapan pagi hingga empat sore.

Itu lah 5 Rekomendasi Museum di Malang Yang Wajib anda Kunjungi, bagaimana apa traveller sudah menentukan ingin menggunakan Pelayanan Carter Drop dari NayFa Travel, Jangan terlalu lama berpikir langsung saja karena hanya di NayFa Travel yang sudah memiliki layanan terlengkap dan buka selama 24 jam Nonstop dengan tawaran Harga Terjangkau di Malang, tentunya sudah terpercaya karena sudah melayani ribuan pelanggan selama 5 tahun lebih dan semua pelanggan kami puas akan layanan NayFa Travel. Untuk melihat Testimoni para Pelanggan Silahkan cek di -> Testimoni NayFa Travel

travel bisa klik link -> Travel Malang Surabaya
paket wisata bisa klik link -> Paket Wisata Malang Batu
jasa sewa mobil bisa klik link -> Sewa Mobil Malang Surabaya
atau hubungi kami di -> NayFa Travel

Baca Juga : Kirim Paket Malang Surabaya dengan Travel Aman dan Cepat

No ratings yet.

Travel Surabaya Malang Travel Surabaya Malang Travel Surabaya Malang