travel surabaya malang

5 Rekomendasi Waduk Keren di Malang Versi NayFa

Please rate this

Travel Surabaya Malang – Kota Malang Terkenal memiliki suasanya yang sangat sejuk karena letaknya sendiri berada di dataran tinggi dan dikelilingi oleh beberapa pegunungan membuat kota malang ini dingin dan sangat sejuk. Faktanya Kota Malang merupakan kota terbesar kedua setelah Kota Surabaya di Provinsi Jawa Timur lho. Wajar sih karena memang kota malang ini sangat luas dan juga padat penduduk tak hanya itu kota malang ini juga memiliki banyak sekali potensi tempat wisatanya, mulai dari wisata alam, wisata modern, wisata buatan, wisata edukasi, wisata sejarah, wisata religi hingga wisata kulinernya. Semua lengkap menjadi satu di kota malang. Nah kali ini NayFa akan membahas tentang wisata waduk yang berada di kota malang.

Waduk adalah kolam besar tempat menyimpan air persediaan untuk berbagai kebutuhan. Waduk dapat terjadi secara alami ataupun dibuat oleh manusia. Waduk buatan dibangun dengan cara membuat bendungan yang lalu dialiri dengan air hingga waduk tersebut penuh. Bendungan atau dam ini adalah konstruksi yang dibangun untuk menahan laju air dan menjadi sebuah waduk, danau, atau bisa juga menjadi tempat rekreasi keluarga. Seringkali waduk juga dapat digunakan untuk mengalirkan air ke sebuah Pembangkit Listrik Tenaga Air atau PLTA. Dimana dan apa saja sih waduk di malang itu, yuk simak informasi 5 Rekomendasi Waduk Keren di Malang Versi NayFa.

1. Waduk Karangkates

waduk karangkates

Waduk Karangkates berlokasi di Desa Karangkates, Kecamatan Sumber Pucung, Kota Malang, Jawa Timur – 65165. Meski tujuan awal dibangunnya waduk atau bendungan ini adalah untuk menjadi Pembangkit Listrik Tenaga Air atau PLTA, namun muncul beberapa fungsi lainnya seperti sebagai pegendali banjir, irigasi sawah, budidaya ikan hingga dijadikan sebagai obyek pariwisata. Menjadi hal yang sangat wajar apabila sebuah waduk atau bendungan dijadikan sebagai obyek pariwisata, karena selain mengenal teknologi PLTA juga bisa menjadi bahan pembelajaran untuk wisata edukasi, pemandangan di sekeliling waduk atau bendunganpun selalu menyajikan panorama yang sangat indah. Panorama yang disajikan berupa hamparan kolam raksasa yang dikelilingi dengan pohon-pohon rindang hingga bukit-bukit.

Selain itu Waduk Karangkates ini juga mempunyai nama lain yaitu bisa disebut juga dengan nama Waduk Sutami, Waduk atau Bendungan yang menahan aliran Sungai Brantas ini tidak pernah sepi dari pengunjung tiap harinya. Karena selain diminati oleh para wisatawan yang ingin menikmati wisata sambil belajar maupun wisata alamnya juga sering dijadikan persinggahan oleh mereka yang akan melakukan perjalanan dari Kota Blitar menuju ke Kota Malang atau sebaliknya. oleh karena itu lokasi waduk ini yang menjadi jalan poros antara Kota Blitar – Kota Malang, membuat waduk ini sangat mudah untuk dijangkau, baik itu dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun angkutan umum.

2. Waduk Lahor

waduk lahor

Waduk Lahor berlokasi di Jl. Nasional III, Bandung, Karangkates, Kecamatan Sumber Pucung, Kota Malang, Provinsi Jawa Timur – 65165. Waduk Lahor merupakan waduk cadangan untuk waduk karangkates atau waduk Sutami yang berada tidak jauh dari tempat ini. Air di Waduk Lahor akan dialirkan ke Waduk Karangkates apabila ketersediaan air di waduk tersebut menyusut. Disini anda dapat menikmati pemandangan waduk yang sangat indah, anda dapat naik perahu motor mengelilingi waduk atau memancing ikan di waduk tersebut. Jangan lupa juga bahwa di waduk Lahor ini Anda juga bisa menikmati pemandangan sunrise maupun sunset lho.

Untuk soal makanan, banyak warung makan dekat di daerah jembatan jadi anda jangan khawatir. Anda juga bisa menikmati sajian kuliner berupa makanan-makanan khas perairan air tawar diwaduk lahor ini, seperti ikan wader, gurami, lele, tawas, tombro dan lain sebagainya. Bagi anda yang berencana untuk bermalam di sini, di sekitar area waduk Lahor ada penginapan dengan harga dan kualitas fasilitas yang sangat bervariasi.

Bagi anda para penggemar hunting foto, anda dapat memanfaatkan beberapa spot di beberapa area ini untuk berfoto bersama dengan keluarga atau teman-teman anda. Pemandangan dan rimbunnya pohon-pohon di sana juga bisa menjadi background foto selfie anda yang menarik. Selain itu anda juga dapat juga berfoto saat anda belajar untuk memancing di waduk. Jam buka dari waduk ini adalah 24 jam, setiap hari termasuk akhir pekan dan hari libur. Untuk tiket masuknya tidak ada biaya yang perlu anda bayar, hanya biaya parkir yang sangat murah.

Info Travel : Travel Malang SurabayaTravel Surabaya MalangTravel Malang JuandaTravel Juanda Malang,

3. Waduk Selorejo

waduk selorejo

Waduk Selorejo berlokasi di Sedawun, Pandansari, Ngantang, Kota Malang, Provinsi Jawa Timur – 65392. Waduk Selorejo ini dibangun pada tahun 1970, yang mana sudah berkali – kali mengalami renovasi atau perubahan. Perencanaan pola operasi waduk ini dikelola oleh Perum Jasa Tirta I. Tujuan Awal pembangunan waduk ini adalah untuk menampung kelebihan air hujan dan debit Sungai Konto. Selain itu fungsi lainnya dari waduk ini adalah untuk budidaya perikanan, irigasi sawah, serta menjadi PLTA. Namun sekarang berubah fungsi menjadi sebuah obyek wisata, dengan berbagai wahana menarik tentunya. Oleh karena itu pengunjung dapat menikmati bendungan ini menjadi tempat liburannya.

Panorama Waduk Selorejo sangatlah indah. Pohon-pohon sekitaran waduk masih banyak yang berdiri dengan kokoh dan menjadi sangat rindang. Hal tersebut menambah kesan yang sejuk dan asrinya suasana sekitar waduk. Keindahan waduk ini dapat menghipnotis semua pengunjung dengan lokasi waduk yang begitu sangat memukau ketika mata memandang. Waduk ini berukuran sangat luas, serta dikelilingi oleh beberapa pegunungan. Diantaranya adalah Gunung Kawi, Gunung Anjasmoro, Gunung Kelud, hingga Gunung Arjuna. Karena lokasinya ini, tidak mengherankan bila udara di sekitar kawasan waduk sangatlah sejuk. Ditambah lagi adanya angin sepoi – sepoi yang meniup, anginnya begitu lembut membelai kulit membuatnya terasa sangat nyaman dan sangat menenangkan, sehingga rasa penat pun dapat hilang begitu saja. Jernihnya perairan dapat memantulkan bayangan pepohonan dan gunung yang mengitarinya. Membuatnya tampak semakin memukau, seakan-akan seperti kaca yang menampilkan bayangan. Berfoto dengan background pemandangan ini menjadi spot favorit para pengunjung yang datang.

4. Waduk Jurang Toleh

waduk jurang toleh

Waduk Jurang Toleh berlokasi di Jatimulyo, Jatiguwi, Kecamatan Sumber Pucung, Kota Malang, Provinsi Jawa Timur – 65165. Jurang Toleh Sebelum menjadi sebuah tempat wisata dikota Malang, Waduk tersebut dahulunya dijadikan sebagai tujuan favorit bagi para mancing mania dikota Malang. Karena inisiatif dara pemuda-pemudi karang taruna Desa Jatiguwi dan warga sekitar waduk tersebut, kemudian dilakukanlah renovasi terhadap waduk tersebut menjadi sebuah tempat tujuan wisata serta menjadi spot mancing mania. Selain karena itu disekitaran kawasan Desa Jatiguwi juga terdapat beberapa Kebun Tembakau yang membentang sangat luas, disini anda dapat melihat pemandangan pegunungan yang mengelilingi kebun tersebut dan tentunya udara disekitaran sini sejuk dan sangat dingin.

Anda tidak perlu terlalu mengkawatirkan soal harga tiket masuk atau biaya yang akan dikeluarkan saat berkunjung ke waduk ini karena wisata dikota Malang semua itu tidak ada yang Mahal alias Murah Meriah Merakyat atau disebut 3M, karena anda cukup hanya membayar biaya parkir sebesar Rp. 2000 saja, dengan begitu anda sudah dapat menikmati tempat wisata ini seharian penuh, dan ada juga penyewaan kostum unik yang ditawarkan disekitaran waduk, bila ingin tampil beda dan sangat unik anda cukup menambah uang untuk menyewa sebesar Rp. 2000 untuk menyewa kostum unik ini.

5. Waduk Andeman

waduk andeman

Waduk Andeman berlokasi di Dusun Kp. Anyar, Sanankerto, Kecamatan Turen, Kota Malang, Provinsi Jawa Timur – 65175. Obyek wisata Malang ini dikenal dengan nama Taman Wisata Andeman BoonPring. Warga sekitar obyek wisata ini juga biasa menyebutnya dengan nama Waduk Andeman karena di dalamnya terdapat sebuah kubangan air yang berasal dari sumber mata air alami. Menariknya lagi, udara di sekitar sini sangat sejuk khas banget seperti di pegunungan. Tak hanya airnya yang sangat tenang namun kamu juga bakalan terpukau dengan adanya Eco Wisata Boon Pring. Dalam bahasa Indonesia Boon Pring yang berarti adalah kebun bambu. Dan uniknya lagi jenis bambu yang mengelilingi kawasan obyek wisata ini tidak hanya satu. Ada beberapa jenis seperti bambu petung, apus, tutul, ampel, kuning, dan masih banyak lainnya. Saking banyaknya kebun ini sangat cocok sebagai tempat atau spot foto yang sangat instagramable loh.

Keunikan lainnya dari Obyek Wisata Andeman ini yaitu berada di tengah-tengah waduk. Seperti di lautan terdapat pulau yang muncul di tengah-tengahnya. Pemandangan tersebut membuat obyek wisata ini semakin memukau. Selain menikmati wisata ini dari tepian, anda juga dapat menyewa sepeda air atau perahu untuk berkeliling di waduk lho. Cocok banget deh untuk anda yang sedang liburan bersama pasangan. Di sisi lain waduk terdapat sebuah jembatan yang terbuat dari bambu serta gardu pandang yang dapat dijadikan spot berfoto. Selain itu ada pula kolam renang yang tersedia untuk anak-anak maupun orang dewasa.

Itu lah 5 Rekomendasi Waduk Keren di Malang Versi NayFa, bagaimana apa traveller sudah menentukan ingin pergi ke waterpark mana dulu?, Jangan terlalu lama berpikir langsung saja karena hanya di NayFa Travel yang sudah memiliki layanan terlengkap dan buka selama 24 jam Nonstop dengan tawaran Harga Terjangkau di Malang, tentunya sudah terpercaya karena sudah melayani ribuan pelanggan selama 5 tahun lebih dan semua pelanggan kami puas akan layanan NayFa Travel. Untuk melihat Testimoni para Pelanggan Silahkan cek di -> Testimoni NayFa Travel

travel bisa klik link -> Travel Malang Surabaya
paket wisata bisa klik link -> Paket Wisata Malang Batu
jasa sewa mobil bisa klik link -> Sewa Mobil Malang Surabaya
atau hubungi kami di -> NayFa Travel

Baca Juga : 5 Rekomendasi Waterpark Yang Paling Seru di Malang

No ratings yet.

Travel Surabaya Malang Travel Surabaya Malang Travel Surabaya Malang