travel surabaya malang

Travel Surabaya Malang : Asal-Usul dan Sejarah Kota Surabaya

Please rate this

Travel Surabaya Malang
Travel Surabaya Malang

Travel Surabaya Malang adalah Sebuah layanan dari Nayfa Trans yang cocok sekali digunakan untuk bepergian dari kota surabaya menuju kota malang. Biasanya Layanan Travel Surabaya Malang ini diperuntukan bagi pelanggan dengan keperluan Pulang Kampung, Dinas Kerja ataupun untuk Liburan. Bagi yang berlibur menggunakan layanan travel ini biasanya mereka akan pergi ke Kota Malang dan melanjutkan pergi ke wisata pantai, coban, gunung, ataupun berkeliling ke sebuah kota. Namun kali ini kita akan membahas seputar Kota Surabaya.

Beberapa waktu yang lalu seluruh kota yang berada di indonesia sempat harus di tutup atau banyak yang bilang lockdown dikarenakan Pandemi COVID-19, hal tersebut mengakibatkan perekenomian dari warga di kota tersebut menjadi terpuruk dan terus mengalami penurunan dalam hal ekonomi. Begitu pula dengan calon wisatawan yang ingin berlibur ke kota malang ataupun kota surabaya. Banyak orang yang sekarang sedang dirugikan juga, mulai dari yang kerja dirumahkan, pemotongan gaji hingga terkena PHK dari tempatnya bekerja. Banyak juga yang sedang jenuh saat berada dirumah saja dan butuh hiburan, hal itu lah yang membuat pariwisata kini perlahan-lahan bangkit demi menjawab kebutuhan para wisatawan tersebut. Salah satu yang kini bangkit adalah Kota Surabaya. Jika Kalian ingin berlibur di kota surabaya ini tentunya kalian harus tau dan mengenal asal-usul dan sejarah dari kota surabaya dong, yuk simak informasi dibawah ini.

Kota Surabaya

Kota Surabaya adalah Sebuah kota yang berada di Indonesia yang lebih tepatnya berada di Provinsi Jawa Timur. Kota Surabaya yang merupakan ibu kota dari Provinsi Jawa Timur ini yang sekaligus menjadi Kota Metropolitan terbesar setelah Kota Jakarta tersebut. Di Kota Surabaya inilah pusat perekonomian tercipta seperti Bisnis, Perdagangan, Industri dan Pendidikan di Jawa Timur.

Kota Surabaya memiliki penduduk sekitar 2.813.847 jiwa (data terakhir pada tahun 2014). Daerah Surabaya yaitu meliputi daerah metropolitan Gerbangkertosusila yang berpenduduk hampir 10 juta jiwa, angka ini terbesar kedua di Indonesia setelah Jabodetabek. Kota Surabaya memiliki Bandara Udara Internasional Juanda, Pelabuhan Tanjung Perak dan juga Pelabuhan Ujung.

Julukan yang sering disebut untuk Kota Surabaya adalah julukan sebagai Kota Pahlawan. Karena sejarahnya yang sangat diperhitungkan dalam perjuangan memperebutkan kemerdekaan bangsa Indonesia dari para penjajah. Surabaya sendiri konon berasal dari cerita mitos pertempuran antara sura yang berwujudkan ikan hiu dan baya yang berwujudkan buaya dan akhirnya menjadikan nama kota Surabaya. Berikut adalah asal usul nama surabaya versi dongeng.

Asal-Usul Kota Surabaya

Pada zaman dahulu, dilautan yang sangat luas sering terjadi perkelahian antara Ikan Hiu atau disebut Sura dengan Buaya atau disebut Baya. Mereka berkelahi hanya karena berebut sebuah mangsa. Keduanya sama-sama kuat, sama-sama tangkas, sama-sama cerdik, sama-sama ganas, dan sama-sama rakus. Sudah berkali-kali mereka berkelahi belum pernah ada yang menang atau pun yang kalah hingga akhirnya mereka membuat sebuah kesepakatan. begini ceritanya :

Sura : “Aku sudah capek bila kita harus selalu berkelahi hanya karena berebut mangsa saja”.
Baya : “Akupun juga sudah capek Sura. Apa yang harus kita lakukan agar kita tidak lagi berkelahi hanya karena masalah tersebut?”.

Sura yang sudah mempunyai rencana untuk menghentikan perkelahiannya dengan Baya segera menerangkan idenya dan membuat kesepakatan dengan Baya.

Sura : “Untuk mencegah perkelahian di antara kita lagi. Bagaimana jika kita membagi daerah kekuasaan kita menjadi dua yaitu di daratan dan juga di air. Aku berkuasa sepenuhnya di dalam air dan harus mencari mangsa di dalam air juga. Sedangkan kamu barkuasa di daratan dan mangsamu juga harus yang berada di daratan saja. Sebagai batas antara daratan dan juga air, kita tentukan batasnya. yaitu tempat yang dicapai oleh air laut pada waktu pasang surut!”.

Baya : “Baik aku setujui idemu itu!”.

Dengan adanya pembagian wilayah kekuasaan tersebut, maka tidak ada lagi perkelahian dan perseteruan antara Sura dan Baya. Keduanya telah sepakat untuk menghormati wilayah kekuasaan masing-masing. Namun pada suatu hari, Sura mencari mangsa di sungai. Hal ini dilakukan oleh sura dengan cara sembunyi-sembunyi agar si Baya tidak mengetahui perbuatannya. Mula-mula hal ini memang tidak ketahuan oleh Baya. Tetapi pada suatu hari Baya memergoki perbuatan Sura Tersebut. Tentu saja pada saat itu Baya sangatlah murka melihat Sura melanggar kesepakatannya sendiri.

Info Travel : Travel Malang JuandaTravel Juanda MalangTravel Malang SurabayaTravel Surabaya Malang.

Baya : “Wahai Sura. Mengapa kamu melanggar kesepakatan yang telah kita sepakati berdua? Mengapa kamu berani sekali memasuki sungai yang merupakan wilayah kekuasaanku sura?”.

Sura yang merasa tak bersalah tenang-tenang saja.

Sura : “Haaa, Aku melanggar kesepakatan? Bukankah sungai ini berair. Bukankah aku sudah bilang, bahwa aku adalah penguasa di air? Nah, sungai ini kan ada airnya, jadi juga masih termasuk daerah kekuasaanku dong”.
Baya : “Apa? Sungai itu kan tempatnya di darat, sedang daerah kekuasaanmu ada di lautan, yang berarti sungai itu adalah darerah kekuasaanku!”.
Sura : “Tidak bisa. Aku kan tidak pernah bilang kalau di air itu hanya air laut saja, namun juga air sungai termasuk kekuasaanku”.
Baya : “Kau sengaja mencari gara-gara, Sura?”.
Sura : “Tidak baya! kukira alasanku sudah sangat kuat dan aku memang benar jika sungai masih dalam kekuasaanku!”.
Baya : “Kau hanya membuat alasan saja. Aku tidak sebodoh yang kau kira sura!”.
Sura : “Aku tidak perduli kau bodoh ataupun pintar, yang penting air sungai dan air laut adalah kekuasaanku!”.

Karena tidak ada yang mau mengalah atas perdebatannya, maka pertempuran sengit antara Ikan Hiu Sura dan juga Buaya baya terulang kembali lagi. Pertarungan kali ini semakin seru dan dahsyat, Mereka saling menerjang dan juga menerkam, saling menggigit hingga memukul. Dalam waktu sekejap, air disekitar sungai berubah warna menjadi warna merah oleh darah yang keluar dari luka-luka dari Sura ataupun Baya. Mereka terus bertarung mati-matian tanpa istirahat ataupun jeda sama sekali.

Dalam pertarungan yang dahsyat ini, Baya mendapat luka gigitan di pangkal ekornya yang sebelah kanan dan ekornya tersebut terpaksa selalu membengkok ke kiri. Sementara untuk Sura juga mendapakat luka gigitan hingga ekornya hampir putus. Setelah itu Sura kembali ke lautan. Baya puas telah dapat mempertahankan daerah kekuasaannya. Pertarungan antara Sura dan juga Baya ini sangat berkesan di hati para masyarakat Surabaya.

Oleh karena itu, nama Surabaya selalu dikait-kaitkan dengan peristiwa tersebut. Dari peritiwa inilah kemudian dibuat lambang Kota Surabaya. yaitu gambar ikan hiu sura dan juga buaya baya.

Namun ada juga sebagian masyarakat yang berpendapat, bahwa asal usul Surabaya berasal dari kata Sura dan Baya. Sura yang berarti Jaya atau selamat dan Baya yang berarti bahaya, jadi jika digabungkan Surabaya memiliki arti selamat menghadapi bahaya.

Itu lah Travel Surabaya Malang : Asal-Usul dan Sejarah Kota Surabaya, bagaimana apa travellers sudah paham dengan asal usul surabaya?, Jangan terlalu lama berpikir langsung saja karena hanya di NayFa Trans yang sudah memiliki layanan terlengkap dan buka selama 24 jam Nonstop dengan tawaran Harga Terjangkau di Malang, tentunya sudah terpercaya karena sudah melayani ribuan pelanggan selama 5 tahun lebih dan semua pelanggan kami puas akan layanan NayFa Trans. Untuk melihat Testimoni para Pelanggan Silahkan cek di -> Testimoni Nayfa Trans.

travel murah dari kota malang tujuan surabaya bisa klik link -> Travel Malang Surabaya
paket wisata bisa klik link -> Paket Wisata Malang
jasa sewa mobil bisa klik link -> Sewa Mobil Malang
atau hubungi kami di -> NayFa Trans

Baca Juga : Promo Travel Khusus Mahasiswa Dari Universitas Yang Berada Di Kota Malang

Hubungi Nayfa Trans Malang

Alamat: Perum. Griya Sampoerna Blok C2 No. 1 Ampeldento Karangploso Malang.
No. Telp: 082330200031 / 081333665909 /0341-5034100
Email: Nayfagrouptravel@gmail.com
Website: www.travelsurabayamalang.com

No ratings yet.

Travel Surabaya Malang Travel Surabaya Malang Travel Surabaya Malang